Waspada Penipuan Modus Baru Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, rupanya ikut juga dimanfaatkan oleh para penjahat untuk melakukan penipuan. Salah satunya yang sedang marak saat ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi resmi android dari Telkomsel yaitu aplikasi MyTelkomsel.

Emang bisa nipu lewat aplikasi MyTelkomsel ?

Bisa banget! Pada dasarnya, ketika pelanggan akan mengakses akun MyTelkomsel miliknya, maka akan diminta memasukkan nomor ponselnya. Selanjutnya, Telkomsel akan mengirimnkan sms kode verifikasi kepada pelanggan tersebut. Kemudian, pelanggan akan memasukkan kode tersebut ke dalam aplikasi MyTelkomsel seperti tertera pada gambar di bawah ini.

Celah yang dimanfaatkan oleh penipu adalah dengan cara menelepon calon korbannya, mengaku dari pihak Telkomsel dan meminta kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel korbannya.

Kok bisa si penipu tiba-tiba nelpon?

Sebelum menelepon calon korbannya, penipu ini memasukkan no ponsel si calon korban secara acak. Walaupun calon korban tidak menginstall aplikasi MyTelkomsel, penipu yang mengaku dari pihak Telkomsel tersebut akan berusaha meyakinkan calon korbannya untuk bisa mengunduh aplikasi MyTelkomsel saat itu juga dengan alasan bermacam-macam.

Setelah ponsel calon korban terpasang aplikasi MyTelkomsel, si penipu langsung memasukkan no ponsel calon korban pada aplikasi MyTelkomsel di ponselnya sendiri. Nanti pihak Telkomsel akan mengirimkan SMS kode verifikasi ke ponsel calon korban. Di sinilah penipu tersebut beraksi dengan cara meminta kode verifikasi dari Telkomsel.

MyTelkomsel

Pihak Telkomsel sendiri telah menghimbau para pelanggannya untuk menjaga kerahasiaan kode verifikasi tersebut pada SMS yang dikirimkan. Namun, bagi orang yang belum paham dengan modus penipuan ini maka akan mudah percaya dengan apa yang dikatakan oleh penipu.

Kalo udah masuk akun MyTelkomsel, emangnya penipu bisa apa?

Seperti yang telah dijelaskan pihak Telkomsel pada SMS verifikasi, penipu bisa mentransfer pulsa calon korban ke nomor ponsel miliknya dengan menggunakan menu Beri Hadiah pada aplikasi MyTelkomsel.

BeriHadiah

Semakin banyak pulsa si calon korban miliki, maka akan semakin banyak pula pulsa yang bisa ditransfer si pelaku ketika berhasil mengakses akun MyTelkomsel korbannya.

Untuk itu, tetap berhati-hati dan waspada jika ada telepon yang mengatasnamakan pihak Telkomsel, terlebih apabila nomornya merupakan nomor ponsel biasa, bukan dari nomor premium, seperti 116. Pihak Telkomsel sendiri tidak akan meminta informasi-informasi rahasia termasuk kode verifikasi, seperti yang telah tertera di pemberitahuan SMS notifikasi.

RAHASIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s